Tuesday, July 22, 2014

Teknologi Autopilot Bikin Mobil Makin Boros BBM?

Teknologi Autopilot Bikin Mobil Makin Boros BBM?Washington - Mobil yang bisa berjalan otomatis sampai ke tujuan diprediksi akan banyak mewarnai jalanan di bumi hanya dalam beberapa dekade mendatang. Namun, adanya mobil berteknologi autopilot ini diprediksi akan membentuk budaya baru yang boros bahan bakar.

Saat ini berbagai produsen kelas dunia memang diketahui tengah mempelajari sebuah teknologi yang memungkinkan mobil bisa berjalan ke tujuan dengan selamat tanpa dikendalikan manusia.

Sebut saja Volvo, Audi, Mercedes-Benz, Nissan atau VW yang tengah sibuk mempelajarinya. Belum lagi raksasa teknologi Google yang juga terhitung sangat serius menggarap teknologi ini karena mereka memperkirakan medan perang teknologi selanjutnya bukan lagi ada di gadget, tapi di mobil.

Dengan teknologi autopilot pada mobil, maka, tingkat kecelakaan yang banyak disebabkan karena human error akan bisa dikurangi. Begitu pun untuk sampai lebih cepat ke lokasi. Karena fitur radar, laser dan GPS yang nanti teraplikasi bisa membaca situasi rute jalan yang akan diambil.

Tapi, dengan tanpa harus mengemudi lagi untuk sampai ke tujuan, peneliti Toyota Ken Laberteaux berpendapat akan ada budaya baru yang tercipta yakni akan mendorong orang untuk melakukan perjalanan jauh dan pada akhirnya mengkonsumsi bahan bakar yang lebih banyak dari biasanya.

Itu disebabkan karena orang tidak lagi harus merasa kelelahan mengemudi. Tinggal duduk, mobil akan berjalan sendiri. Dia tinggal melakukan aktifitas lain agar tidak bosan. Hasilnya, orang diprediksi akan banyak tinggal di tempat yang jauh dari tempat kerja mereka.

"Sejarah AS menunjukkan bahwa kapan saja berkendara Anda lebih mudah, tampaknya ada keinginan untuk hidup lebih jauh," kata Laberteaux di autoevolution.


0 comments:

Post a Comment