Monday, August 18, 2014

Biaya Reparasi Karat Mercy Lawas Capai Rp 10 Juta!

Biaya Reparasi Karat Mercy Lawas Capai Rp 10 Juta!Jakarta - Mobil lawas banyak sekali keropos. Penyebab keropos tidak cuma datang dari hujan, dan air bekas cucian tapi juga dari genangan air di jalan yang menyiprat ke kolong mobil. Air mengendap lama dan membuat korosi.

Karena itu Anda yang hendak membeli Mercy lawas harus berhati-hati. Hal pertama adalah jangan tertipu penampilan bodi. Bodi yang mulus tapi belum tentu pada bagian kolong mobil. Seperti pengalaman pahit Adhie.

Pria yang akrab disapa Sule itu menceritakan harus mengeluarkan dana sebesar Rp 10 juta untuk memperbaiki bagian keropos di kolong mobil Mercy E230 manual tahun 1990 yang dibelinya 4 bulan lalu. Beruntung bagian keropos itu cepat diketahui, karena bodi mobil bisa tiba-tiba ambles.

"Apabila terdapat keropos di bagian kolong mobil harus segera ditangani. Karena keropos bisa semakin melebar dan sangat membahayakan," kata Sule.

Awal mula ditemukan keropos saat belok ke kanan pasti berbunyi menderit (awalnya dikira power steering). Dan ternyata setelah dicek ke bengkel karena bagian keroposnya menyentuh ban.

Selain itu, tiap melewati jalan bergelombang juga terdengar gesekan ban dan bagian kolong mobil yang keropos. Kondisi ini bisa sangat membahayakan apalagi jika mobil dipacu dengan kecepatan tinggi.

Dijelaskan Sule, Mercy E230 manual tahun 1990 miliknya terdapat keropos lebar yang memanjang secara vertikal pada bagian kolong kursi penumpang. Juga ada keropos di dekat ban.

Proses perbaikan dengan cara bongkar jok, lalu potong bagian yang keropos, lalu digantikan pelat besi berkualitas. Pengerjaan dilakukan tukang las. Pengerjaan bisa membutuhkan waktu yang lebih lama karena di bawah jok terdapat kabel-kabel.

Menurut Sule, mobil yang akan direstorasi harus lah menggunakan bahan yang bagus. Jangan menggunakan pelat biasa karena mobil akan mengangkut beban dan digunakan dalam waktu lama. Biaya perrbaikan mencapai Rp 5 - Rp 10 juta (tergantung kerusakan).


0 comments:

Post a Comment