Monday, August 18, 2014

Melihat Hiroshima, City of Mazda

Melihat Hiroshima, City of MazdaHiroshima - Hiroshima, salah satu kota di Jepang yang sempat diluluhlantakkan oleh serangan bom atom Amerika di tahun 1945 itu di sisi lain juga menjadi kotanya salah satu pabrikan mobil kelas dunia, Mazda.

"City of Mazda," ujar Senior Marketing Manager di PT Mazda Motor Indonesia Astrid Ariani Wijana saat berkunjung ke markas Mazda di Hiroshima, Senin (18/8/2014).

Kota Hiroshima yang dikelilingi oleh kanal-kanal ini menjadi pusat industri Mazda di Jepang. Di kota inilah ada pabrik Ujina plant No 1 dan No 2 yang memproduksi mobil-mobil seperti CX-5, CX-7 dan lainnya. Tepatnya di Fuchu, Aki District, Hiroshima.

Selain di Hiroshima, Mazda juga mempunyai pabrik di Hofu, Yamaguchi Jepang. Mazda sudah berdiri di Hiroshima sejak tahun 1920-an. Namun mereka baru memproduksi mobil pada tahun 1931.

Di bulan Agustus 1945, saat bom atom meledak di Hiroshima, Mazda yang juga terkena dampaknya. Namun Mazda sempat memberikan sebagian dari gedungnya untuk dipakai kantor Prefektur Hiroshima.

Berkat keteguhan masyarakat Jepang dalam menghadapi akibat bom atom yang mengerikan itu, masyarakat Hiroshima dan Mazda bisa kembali bangkit. "Mazda pun memberikan kontribusi untuk masyarakat di sana," ujar Yudha, salah seorang WNI yang sedang bermukim di Jepang.

Selain memproduksi mobil di sini, Mazda pun membangun beberapa fasilitas untuk warga Hiroshima. Misalkan stadion Mazda Zoom-Zoom Stadium yang terletak di dekat pabrik Mazda. Di stadion ini tim baseball lokal, Hiroshima menjadi tuan rumah di liga baseball Jepang.

Mazda pun membangun rumah sakit yang di depan kantor pusat Mazda yang bisa diakses bukan hanya karyawan Mazda saja tetapi juga masyarakat di Hiroshima.



0 comments:

Post a Comment