Wednesday, August 13, 2014

Monopoli, Tiongkok Mulai Awasi Lexus

Monopoli, Tiongkok Mulai Awasi LexusBeijing - Masih ingat dengan Audi, Chrysler dan Mercedes-Benz yang dipangil oleh pemerintah Tiongkok karena ada indikasi melanggar undang-undang anti-monopoli? Ya kini giliran Lexus yang mulai diselidiki oleh pemerintah Tiongkok karena kasus yang sama.

Dilansir abcNews, Rabu (13/8/2014) Toyota Motor Corp (TMC) selaku pemilik merek mewah Lexus itu mengatakan, pemerintah Tiongkok sedang menyelidiki Lexus.

"Perusahaan akan bekerjasama dengan maksimal sesuai yang dibutuhkan oleh pihak yang berwajib," ujar juru bicara Toyota, Naoki Sumino di Tokyo.

Pemerintah Tiongkok belum mengungkapkan penyelidikannya. Tapi para pelanggan merek tersebut mengeluh jika harga suku cadang kendaraan mewah impor terlalu mahal. Harganya jauh lebih mahal 3 kali lipat dari mobil yang dijual di Amerika Serikat (AS) atau Eropa.

Pada akhirnya, pemerintah Tiongkok terus berupaya untuk memaksa para produsen mobil menurunkan harga suku cadangnya jika memang ditemukan adanya anti-monopoli.

Beberapa produsen mobil mewah yang sudah diselidi seperti Audi, Chrysler dan Mercedes-benz sepakat untuk memotong harga suku cadangnya sebesar 38 persen. Sementara untuk BMW AG belum mengkonfirmasi karena masih dalam tahap penyelidikan.


0 comments:

Post a Comment