Tuesday, October 21, 2014

Gara-gara Airbag Lagi, Toyota Tarik 247.000 Unit Mobil

Gara-gara Airbag Lagi, Toyota Tarik 247.000 Unit MobilWashington - Produsen mobil asal Jepang Toyota mengumumkan penarikan kembali 247.000 unit SUV dan pikap di Amerika, akibat adanya indikasi tidak berkembangnya airbag yang diproduksi Takata Corp.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (21/10/2014) Lembaga Keselamatan Jalan Raya Amerika (NHTSA) menemukan adanya cacat pada airbag Takata.

Sehingga bisa dipastikan untuk setiap produsen yang menggunakan jasa airbag dari Takata, harus memeriksa kembali setiap kendaraan.

Hasilnya tidak hanya Toyota saja yang terkena dampaknya. Tertulis Honda Motors dan Fiat Chrysler Automobiles (Chrysler Group) harus ikut memeriksakan kendaraan mereka. Hasilnya sebanyak 4,5 juta kendaraan disarankan untuk diperiksa kembali.

Dalam penelitian Toyota, airbag yang dites tidak mengembang secara sempurna. Hal ini sudah dilaporkan Takata pada Toyota per 10 Oktober lalu. 5 hari kemudian, Toyota memutuskan untuk melakukan penarikan kembali.

Mobil Toyota yang ditarik adalah Lexus SC, Toyota Corolla, Matrix, Sequoia, dan Tundra. Mobil GM yang diproduksi Toyota, Pontiac Vibe, juga masuk dalam daftar recall.

Selama 6 tahun terakhir, Takata sudah menarik 16 juta kendaraan akibat airbag yang bermasalah. Setidaknya 4 korban tewas, semuanya menggunakan Honda, diyakini akibat kesalahan pada airbag ini.

"Kami akan terus menyokong investigasi NHTSA," ujar jubir Takata Alby Berman.


0 comments:

Post a Comment