Tuesday, October 7, 2014

Ini Bahaya Menggunakan Hands Free Saat Mengemudi

Ini Bahaya Menggunakan Hands Free Saat MengemudiJakarta - Anda menganggap penggunaan peranti hands free untuk menjawab panggilan telepon saat mengemudi lebih aman? Berpikirlah ulang. Hasil sebuah penelitian dari lembaga penelitian AAA dan University of Utah, Amerika Serikat, menunjukkan sebaliknya. Perangkat itu justeru sangat mengganggu.

Seperti dilansir laman CNN, Rabu (08/10/2014), kedua lembaga itu menyatakan pengunaan peranti hands free untuk membantu pengemudi menjawab panggilan di saat menyetir, justeru menggangu. "Sebab, banyak pengemudi yang kehilangan konsentrasi. Tidak fokus," tutur hief Executive AAA, Bob Darbelnet.

Akibat konsentrasi yang terganggu, banyak pengemudi yang tidak menghiraukan lampu pengatur lalu lintas, pejalan kaki, dan kendaraan lain. "Karena pikiran mereka tidak sepenuhnya fokus pada kondisi jalan yang ada di depannya," ucap Darbelner.

Padahal, teknologi hands free itu kini telah menjadi fitur unggulan yang ditawarkan pabrikan di mobil yang mereka produksi. Mereka menyebutnya sebagai fitur penunjang keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Tetapi yang terjadi justeru sebaliknya.

Oleh karena itu, AAA berharap pabrikan mobil juga melakukan penyempurnaan terhadap peranti tersebut. "Sekarang kami mengerti kekurangan dari produk ini, mungkin tidak sengaja menyebabkan gangguan kognitif yang lebih besar," kata dia.

Para peneliti membuat peringkat kemudahan dan kesulitan dari peranti handsfree dengan perintah suara yang ada di beberapa mobil. Mereka menggunakan skor 1 untuk peranti yang paling mengganggu atau menyulitkan, dan 5 untuk sebaliknya.

Hasilnya, Toyota Entune memiliki nilai terbaik untuk kemudahan penggunaan. Sedangkan sistem MyLink Chevrolet memiliki nila


0 comments:

Post a Comment