Tuesday, October 7, 2014

Wih..Volvo Bikin Mesin Empat Silinder Bertenaga 450 HP

Wih..Volvo Bikin Mesin Empat Silinder Bertenaga 450 HPGothenburg, Swedia - Tenaga besar namun irit bahan bakar. Dua kata itu seolah menjadi mantra sakti bagi pabrikan otomotif di berbagai belahan dunia. Namun, kata itu bukan slogan kosong bagi Volvo. Pabrikan asal Swedia itu meluncurkan konsep mesin 2.000 cc empat silinder dengan tenaga tak kurang dari 450 hp.

Siaran pers Volvo seperti dilansir laman CNW Newswire, Selasa (07/10/2014) menyebut, setelah secara gemilang berhasil memperkenalkan jajaran mesin Volvo's Drive-E Powertrain pada 2013 lalu, kini tim Volvo kembali lagi mendemonstarsikan keunggulan konsep mesin itu.

 "Saat meluncurkan keluarga mesin Drive-E, kami ingin menunjukkan mesin empat silinder paling hebat, terutama dalam hal tenaga dan keiritan bahan bakar," papar Dr. Peter Mertens, Senior Vice President for Research and Development Volvo Group.

Menurut Mertens, kunci mengapa mesin Drive-E mampu menyemburkan tenaga hingga 450 hp itu dikarenakan menggunakan perangkat yang tidak biasa digunakan oleh mesin empat silinder. Mesin ini menggunakan dua turbocharger parallel. Walhasil, tidak akan terjadi turbo lag.

Sementara itu, Mattias Evensson, Race Engine Director Volvo Polestar Racing mengatakan, mesin 2.000 cc empat silinder itu telah memantik minat para pemasok komponen dan perlengkapan mobil penumpang Volvo.

Mereka antara lain AVL,dan Denso. Bahkan Volvo Polestar Racing sendiri tertarik untuk mengembangkan lebih jauh mesin tersebut untuk diaplikasikan di model balap besutan Volvo.







0 comments:

Post a Comment