Tuesday, October 7, 2014

Fitur Voice Command Ganggu Pengendara?

Fitur Voice Command Ganggu Pengendara?Utah - Konsentrasi yang teralihkan saat berkendara merupakan salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas di dunia. Untuk mengurangi angka kecelakaan akibat gangguan itu, produsen mobil tengah meningkatkan tekonologi yang lebih pintar dengan mengembangkan sistem hiburan yang bisa diaktifkan dengan suara si pengendara.

Nah masalahnya, menurut peneliti dari University of Utah yang kerja bareng AAA Foundation for Traffic Safety menuturkan fitur perintah suara justru lebih mengganggu kondisi mental pengendara.

Seperti dilansir inautonews, penelitian itu menunjukkan fitur yang sudah ditanam di beberapa mobil sejak 2013 sebetulnya bisa menjadi beban mental.

Berdasarkan hasil eksperimennya, Profesor Psikolog dari University of Utah, David Strayer mengatakan teknologi voice-command memaksa orang tetap menjaga pandangannya ke jalan. Namun, hal itu belum cukup. Menurut Strayer, pengendara harus memberikan perhatian lebih pada obyek yang dilihat. Hal itu membutuhkan konsentrasi.

Hasil dari eksperimen itu, rata-rata empat subjek penelitian dari lima yang mengoperasikan Apple Siri telah kehilangan konsentrasi. Angka itu melebihi ketika subjek berbicara di telepon tanpa hands free atau ketika mengganti channel radio. Terdapat tiga kecelakaan virtual selama eksperimen. Dua di antaranya aktif menggunakan Siri, hmm, tetap saja ada bahayanya ternyata ya?


0 comments:

Post a Comment