Sunday, March 1, 2015

Apakah Knalpot Racing Mempengaruhi Mesin Motor?

Apakah Knalpot Racing Mempengaruhi Mesin Motor?Jakarta - Hallo detikoto, saya mau menanyakan jika motor menggunakan knalpot racing apakah akan mempengaruhi mesin motor tersebut (misal suara mesin menjadi kasar jika menggunakan knalpot standr lagi atau mesin menjadi rusak) dan apakah menggunakan knlpot racing mahal dan jenis merekpun berpengaruh ke mesin?

Terima kasih
Irfan Nurdianto

Jawaban:
Hallo masbro Irfan, salam detikOto. Oke langsung saja menjawab konsultasinya ya.

Penggunaan knalpot racing pada motor standar sebenarnya tidak direkomendasikan, karena efek positifnya tidak banyak, malah lebih banyak efek negatif terutama masalah suara berisik yang bikin kesal tetangga. Hehehe.

Kalau efek negatif untuk mesin tentu saja ada apalagi kalo mesin masih standar, karena dengan penggunaan knalpot yang free flow (knalpot racing) dibutuhkan campuran bensin yang lebih banyak agar tenaga mesin lebih baik sedangkan pada motor yang masih standar aliran bahan bakar sudah diatur sedemikian rupa untuk knalpot standar.

Alhasil biasanya dengan knalpot racing mesin bisa jadi lebih cepat panas, karena pembakaran kering.

Kalau ini dibiarkan tentu akan mempercepat keausan pada komponen mesin, mesin bisa saja ngelitik karena pada suhu panas karena terjadi pemuaian sehingga celah klep akan menjadi lebih longgar dan mesin akan lebih ngelitik.


0 comments:

Post a Comment