Sunday, March 1, 2015

Manila Juga Macet Parah, Hampir Sama Seperti di Jakarta

Manila Juga Macet Parah, Hampir Sama Seperti di JakartaManila - Sebagai kota terpadat nomor 2 di ASEAN, Manila selalu dilanda kemacetan setiap harinya. Buruknya pengaturan lalu lintas membuat Ibukota dari Filipina ini mengalami kemacetan yang cukup parah, bahkan macetnya sama seperti di Jakarta.

Detikcom berkesempatan melihat buruknya lalu lintas di Manila. Selama empat hari berada di Manila dan keliling sekitar kota dapat merasakan buruknya pengaturan lalu lintas di kota tersebut.

Seperti tingkah laku pengendara mobil maupun roda empat yang kerap melanggar lalu lintas mulai dari menerobos lampu merah hingga melewati garis marka putih. Terlebih pelanggaran itu dilakukan meski ada polisi yang berjaga. Seakan cuek merekapun tidak peduli dengan adanya tata tertib.

"Disini terlalu parah, hampir setiap hari dari senin hingga jumat selalu macet," ujar Carlito pengemudi taksi.

Malam itu detikcom hendak mendatangi hotel tempat tinggal kontingen mahasiswa Indonesia dalam kompetisi Shell Eco-marathon 2015. Mayoritas mereka tinggal di Manila Bayview Hotel.

"Disini posisinya cuek semua, mereka nggak peduli. Kecuali diberi uang baru mereka peduli," ujar Charlitos sembari tertawa.

Meski berjarak tidak begitu jauh dari arena sirkuit, Namun lama perjalanan bisa mencapai dua jam. Tak jauh berbeda dengan yang selalu macet.

"Jadi Mayorita kalau taksi disini kebanyakan kendaraan matic, sehingga tidak terlalu capai kalau nyetir cuma gas dan rem, kecuali Jepney itu mobil peninggalan jaman dulu," imbuhnya.

Selain buruknya pengaturan lalu lintas, saat ini Filipina tengah melakukan ekspansi pembangunan mulai dari pembuatan jalan layang tol hingga transportasi masal. Arus lalu lintas kendaraan pun baru berakhir ketika tengah malam. Ketika itu susana sedikit lebih lengang.


(edo/ady)

0 comments:

Post a Comment