Sunday, March 1, 2015

TMMIN Hijaukan Pantai Utara Jawa

TMMIN Hijaukan Pantai Utara JawaKarawang - Pada akhir pekan lalu, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesian (TMMIN) dan perusahaan pemasok lokal yang tergabung dalam Toyota Manufacturers Club (TMClub) melakukan penanaman lebih dari 230.000 pohon bakau di Pantai Utara Kabupaten Karawang, tepatnya di sepanjang Pantai Tanjung Baru yang berlokasi di Desa Pasir Jaya Kecamatan Cilamaya Kulon.

Dengan penanaman ini, Grup Toyota di Indonesia telah menanam lebih dari 700.000 pohon bakau di Pantai Utara Jawa sejak tahun 2012 termasuk di Kepulauan Seribu, Bekasi, dan Karawang.

"Kami di Toyota Indonesia berkomitmen untuk terus-menerus berupaya keras melakukan aktivitas-aktivitas yang memberikan kontribusi dan dampak positif bagi bangsa Indonesia sebagaimana terpapar dalam filosofi “Toyota Berbagi” kami, salah satunya adalah dengan penanaman pohon bakau ini," beber Wakil Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono dalam siaran pers yang diterima detikOto, Senin (2/3/2015).

Berbagai literatur ilmiah menyebutkan bahwa pohon dan hutan bakau memiliki kemampuan besar dalam menyimpan dan menyerap karbondioksida yang merupakan salah satu gas penyumbang perubahan iklim.

Selain itu, hutan bakau ini juga akan membantu mengurangi abrasi pantai serta mendukung biodiversitas laut yang kaya dan melimpah yang dapat memberikan sumbangan nyata bagi masyarakat sekitar.

"Harapan kami, penanaman pohon bakau dapat memberikan manfaat nyata yang baik bagi penduduk di sekitar lokasi penanaman serta dapat menginspirasi upaya konservasi hutan bakau yang lebih besar lagi di Indonesia sehingga kita dapat bersama-sama menyumbang dalam upaya menekan laju perubahan iklim,” lanjut Warih.

Rangkaian penanaman pohon bakau oleh Grup Toyota di Indonesia merupakan bagian dari kegiatan Corporate Social Responbility (CSR) Toyota Indonesia di bidang lingkungan hidup yang telah dimulai sejak berdirinya perusahaan.

Besaran kegiatan difokuskan pada upaya nyata berupa seri penanaman pohon, mendukung pembangunan “Bank Genetik” untuk spesies tumbuhan asli dan langka Indonesia, serta edukasi kesadaran lingkungan hidup bagi generasi muda Indonesia.


(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment