Sunday, March 1, 2015

KIA Perkenalkan Mesin Turbo Tiga Silinder

KIA Perkenalkan Mesin Turbo Tiga SilinderSeoul - Teknologi mesin turbocharging kini semakin berkembang. Dengan teknologi itu, mesin tiga silinder banyak menjadi pilihan untuk produsen otomotif roda empat. Tidak terkecuali pabrikan asal Korea Selatan, KIA.

Seperti dikutip dari Autoguide, Senin (2/3/2015), KIA telah mengumumkan mesin T-GDi Kappa 1.000 cc, turbocharged tiga silinder dengan keluaran tenaga 118 daya kuda dan torsi 127 lb-ft.

Untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, mesin 1.000 cc itu menggunakan turbo single-scroll dengan pengoperasian secara wastegate elektrik. Dengan mesin tersebut, kurva torsi yang dihasilkan pun relatif datar dengan twist maksimum hadir pada RPM 1.500 dan tetap konsisten di 4.100 RPM.

Dari sisi teknis, mesin terbaru itu juga dilengkapi dengan injector laser-drilled dengan masing-masing memiliki enam lubang. Injector itu diletakkan dalam konfigurasi piramida untuk lebih menyebar melalui setiap silinder.

Hadir pula termostat dalam mesin yang memungkinkan block dan head silinder didinginkan secara terpisah. Termostat block silinder berjalan pada suhu 221 derajat dan termostat head silinder di sebuah pendingin 190 derajat untuk menghindari ledakan.

KIA baru berniat akan menanamkan mesin terbaru ini pada model Cee’d GT di Eropa yang akan diresmikan di Geneva Motor Show, pekan depan. Diperkirakan, mesin tersebut juga akan diletakkan ke balik kap mobil KIA Rio, Forte dan Soul.

Selain mesin ini, KIA juga akan memamerkan transmisi dual-clutch tujuh percepatan untuk model Cee’d GT diesel. Transmisi itu juga akan melengkapi Hyundai Veloster Turbo.


(rgr/ady)

0 comments:

Post a Comment