Thursday, April 16, 2015

Premium Diganti dengan BBM Lebih Mahal, Penjualan Motor Makin Melorot

Premium Diganti dengan BBM Lebih Mahal, Penjualan Motor Makin MelorotJakarta - Pemerintah melalui PT Pertamina (Persero) akan menghapus premium dan diganti dengan bahan bakar minyak (BBM) beroktan lebih tinggi secara bertahap mulai bulan depan. Penggantian premium dengan BBM baru berharga lebih mahal dikhawatirkan semakin menekan penjualan motor yang saat ini sudah melorot.

"Bisa jadi seperti itu (semakin menurun). Karena sekarang saja, dalam tiga bulan pertama pasar sudah melemah 19 persen. Mungkin (dengan adanya penggantian dengan BBM lebih mahal) akan lebih besar (penurunan) menjadi 20â€Â"25 persen," papar Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Sigit Kumala dalam pesan singkatnya kepada detikOto, Kamis (16/4/2015) malam.

Menurut Sigit, salah satu faktor penyebab penurunan penjualan selama ini adalah daya beli masyarakat yang melemah. "Yang perlu diperhatikan (jika harga BBM pengganti premium mahal) adalah, dampaknya terhadap daya beli konsumen terhadap kebutuhan pokok, bukan terhadap sepeda motor (pembelian)," ucap Sigit.

BBM yang bakal menggantikan premium bisa dipastikan akan berharga lebih mahal ketimbang harga premium yang saat ini di Jakarta dan sekitarnya dibanderol Rp 7.300 â€Â" 7.400 per liter. Maklum tingkat oktan yang dikandungnya juga lebih tinggi.

Padahal, selama ini, dengan harga BBM yang naik turun, tak sedikit masyarakat yang terkena dampak. Daya beli mereka menurun. “Jadi, sekarang tinggal berapa harga yang akan dipatok untuk BBM baru nanti,” kata Sigit.

Dengan bertambah mahalnya harga BBM dan daya beli menurun, maka fokus calon konsumen adalah ke barang-barang kebutuhan pokok. Maklum, harga BBM memiliki dampak ikutan yang cukup besar, yakni kenaikan harga kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya akibat ongkos angkutan penumpang dan barang juga ikut merambat naik.

Akibatnya, hasrat masyarakat untuk membeli kebutuhan primer ataupun tersier harus diurungkan. “Ya itu tadi, masyarakat akan lebih fokus ke barang-barang kebutuhan primer,” ujarnya.

Pendapat senada juga diungkapkan General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor, Thomas Wijaya. Menurutnya, dengan dampak berganda dari harga BBM yang lebih mahal itu, anggaran masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok juga membengkak.

Namun, Thomas belum berani memperkirakan seberapa besar dampak dari kondisi seperti itu terhadap penjualan motor di Tanah Air. “Belum bisa diprediksi, kita lihat dulu berapa selisih harga BBM baru itu dengan premium. Jika lebih mahal Rp 1.000 lebih maka bisa berdampak signifikan. Karena daya beli menurun,” ucapnya.


(arf/ady)

0 comments:

Post a Comment