Friday, May 29, 2015

Smart Rider Tanam Pohon di Gunung Kareumbi, Bandung

Smart Rider Tanam Pohon di Gunung Kareumbi, BandungBandung - Tidak hanya melakukan touring, rider yang mengikuti Honda Smart Adventure juga ikut menjaga kelestarian alam. Di Gunung Masigit Kareumbi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, para Smart Rider menanam pohon.

Program penanaman pohon ini digagas oleh Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung (Wanadri). Program tersebut diberi nama Wali Pohon.

Darmanto, perwakilan dari Wanadri mengatakan, untuk menanam satu pohon, seorang penanam harus membayar Rp 50 ribu. Dana itu disumbangkan kepada warga sekitar yang merawat pohon dan alam di Gunung Masigit Kareumbih.

Dengan biaya Rp 50 ribu, pohon yang ditanam akan dijamin kelestariannya selama 3 tahun. Warga sekitar lah yang merawat pohon itu. Tapi, mereka dilarang untuk menebang pohon maupun merusak alam.

"Setelah 3 tahun pohon ini enggak boleh ditebang. Yang merawat adalah masyarakat sekitar. Masyarakat juga dilarang nebang pohon. Seumur hidup enggak boleh ditebang. Karena ini kawasan observasi," kata Darmanto.

Pohon yang ditanam para Smart Rider pun diberi nama masing-masing rider. Nantinya, rider akan mendapatkan sertifikat penanam pohon dan bisa mengawasi kondisi pohon yang ditanamnya hingga beberapa tahun ke depan.

"Nanti Anda dapat sertifikat. Di setifikat itu, 4 digit terakhir menjadi kode pin untuk masuk ke website Kareumbi. Anda bisa mengawasi pohon yang ditanam dari website itu," jelas Darmanto kepada Smart Rider sebelum menanam pohon secara simbolis.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment