Wednesday, June 24, 2015

Jalanan di Malaysia Bakal Dilapisi Karet

Jalanan di Malaysia Bakal Dilapisi KaretKuala Lumpur - Kalau di Indonesia jalanan mayoritas dicor dengan beton agar awet, berbeda dengan di negara tetangga Malaysia. Jalanan di Malaysia bakal mencampurkan aspal dengan lateks karet.

Pemerintahan Malaysia seperti dikutip Reuters, Kamis (25/6/2015) berencana menggunakan 10 persen dari cadangan karet Malaysia untuk dipakai sebagai bahan material jalanan.

Karet diolah menjadi lateks kemudian diolah lagi menjadi butiran-butiran karet dan kemudian langsung dicampurkan ke dalam aspal.

Pemerintah Malaysia pun memperkirakan sebanyak 4,2 ton karet bakal dibutuhkan untuk setiap kilometernya. Hal ini dilakukan Malaysia untuk menyerap produksi karet mereka yang menggunung. Tahun ini saja diperkirakan Malaysia memproduksi 710.000 ton.

"Targetnya adalah menggunakan 10 persen karet Malaysia untuk jalan. Kami berharap kelebihan pasokan karet akan berkurang drastis dan bisa membantu mengurangi tekanan pada harga karet," ujar Menteri Perkebunan dan Komoditas Malaysia Douglas Uggah Embas.

Embas juga mengatakan ke depan penggunaan karet untuk jalanan akan meningkat 15-20 persen.

Selanjutnya kesan positif juga disampaikan Menteri Pekerjaan Umum Malaysia Fadillah Yusof yang mengatakan penggunaan karet untuk jalanan bisa menjadi langkah tepat. Karena bisa menghemat biaya, lebih murah dan bisa membantu jalanan bisa bertahan lebih lama.


0 comments:

Post a Comment