Tuesday, June 9, 2015

Target Meleset, Pabrikan Tiongkok Ini Akan Hengkang dari Eropa

Target Meleset, Pabrikan Tiongkok Ini Akan Hengkang dari EropaFrankfurt - Sebelum 2014, ketika akan meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) Qoros, pabrikan asal Tiongkok Qoros mengaku optimistis produk buatannya bakal banyak terserap di pasar Eropa.

Namun, nyatanya di wilayah itu hanya terjual 51 unit, dan kini pabrikan itu akan menghentikan sementara penjualannya di Eropa.

Seperti dilaporkan AutoBild dan Worldcarfans, Selasa (10/6/2015), sepanjang 2014 lalu, Qoros melego 7.000 unit mobil buatannya di seluruh dunia. Dari jumlah itu, hanya 51 unit yang diserap oleh konsumen Eropa.

Melihat kenyataan itu, Qoros mengevaluasinya dan menyatakan akan lebih fokus ke pasar dalam negeri Tiongkok. Namun, bos Qoros, Phil Murtaugh, mengaku pihaknya tak akan kapok menyerbu pasar Eropa.

“Kami tidak akan sepenuhnya menyerah di (pasar) Eropa, karena pasar Eropa sangat, sangat penting,” ucapnya.

Meski begitu, dia mengakui jumlah penjualan tahun lalu di Eropa yang hanya 51 unit sangatlah jauh dari harapan. Bahkan, jumlah itu naik dua kali lipat sekali pun, dinilai masih jauh dari pertumbuhan berkelanjutan seperti yang diharapkan.

Saat beroperasi pertama kali, pabrikan yang sahamnya dimiliki oleh perusahaan Tiongkok, Cherry, dan Kenon Holdings, itu telah merugi sebanyak 305 juta euro atau sekitar Rp 4,56 triliun.


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment