Monday, July 13, 2015

Di Selandia Baru, Bir Disulap Jadi Bahan Bakar Mobil

Di Selandia Baru, Bir Disulap Jadi Bahan Bakar MobilWellington - Apakah Anda penggemar mobil sekaligus penyuka bir dan ingin menyatukannya untuk memenuhi hasrat Anda? Kini, hal itu bukanlah perkara yang muskil, sebab sebuah perusahaan di Selandia Baru telah menciptakan bahan bakar etanol dari bir.

Seperti dilansir Carbuzz, Senin (13/7/2015), adalah DB Export, yang membuat bahan bakar tersebut. 'Brewtroleum', begitulah nama bahan bakar anyar ciptaannya itu.

Para insinyur perusahaan itu telah melakukan ekstraksi dari ampas pembuatan bir di produsen pembuat bir setempat. Ragi sisa itulah yang kemudian diolah lagi hingga menghasilkan etanol.

Selanjutnya, etanol itu dicampur dengan bensin. Komposisinya 10 persen etanol dan 90 persen bensin. Meski masih terbilang kecil, namun kontribusi etanol dalam mengurangi biaya bahan bakar cukup signifikan.

Kepala Pemasaran DB Export, Sean O'Donnell mengatakan pihaknya dalam waktu dekat akan memproduksi 80.000 galon bahan bakar Brewtroleum. BBM itu dibuat dengan menggunakan 8.000 galon etanol dari ampas pembuatan bir.

Selain ramah lingkungan, BBM dengan campuran etanol bir itu dikalim juga mampu membersihkan mesin dari kerak hasil pembakaran. Bahkan, hanya menghasilkan gas karbon sebesar 8 persen.

Jadi, kata pabrikan, bir terbukti tak hanya membuat sesorang bisa mabuk tetapi juga membantu menjalankan mobil. Tapi jangan sesekali berpikir mengisi tangki mobil Anda dengan sebotol Corona jika mobil kehabisan bahan bakar di tengah jalan.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment