Monday, July 13, 2015

Mudik Pakai Mobil, Ingat Selalu Jaga Jarak Aman

Mudik Pakai Mobil, Ingat Selalu Jaga Jarak AmanJakarta - Agar tidak menimbulkan kecelakaan lalu lintas, pemudik yang menggunakan mobil disarankan agar selalu jaga jarak aman. Sebab, kalau tiba-tiba di depan mobil ada objek yang tidak bisa dihindari, reaksi untuk mengerem memerlukan waktu.

Training Director di The Real Driving Center (RDC), Marcell Kurniawan menjelaskan, dengan menjaga jarak, reaksi untuk menghindar dari kecelakaan bisa dilakukan. Menurutnya ada tiga faktor yang membuat pengendara harus jaga jarak aman.

"Pertama, reaksi dari faktor manusia. Dari kita melihat ada objek, terus otak proses sampai injak rem itu ada waktu kurang lebih 1 detik," katanya.

Yang kedua, lanjut Marcell, adalah reaksi faktor mekanis. Sistem pengereman mobil juga memerlikan waktu dari pedal rem diinjak hingga mengurangi putaran ban.

"Dari rem diinjak, booster bekerja dorong cairan rem, sampai kaliper bergerak itu ada waktu setengah detik," jelasnya.

Yang ketiga adalah faktor momentum. Semakin tinggi kecepatan, maka semakin jauh reaksi pengereman hingga benar-benar berhenti.

"Makanya kita harus jaga jarak aman, lakukan 3 seconds rule yaitu jaga jarak 3 detik dari mobil di depan. Bahkan kalau jalan basah, hujan kita harus tambahkan detik ekstra, dari 3 detik jadi 4 detik," sebutnya.

Nah, kalau mobil di belakang Anda tetap menempel tanpa jaga jarak, tambahkan jarak satu detik lagi dengan mobil di depannya. Hal itu untuk menghindari risiko ditabrak dari belakang.

"Kalau misalkan nempel banget, kita tambahkan 1 detik lagi, tujuannya agar tidak ditabrak dari belakang. Karena ketika kita jaga jarak aman kita ngerem dengan smooth, walaupun di belakang nempel kita tetep bisa menghindari tabrakan dari belakang," ucap Marcell.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment