Monday, July 13, 2015

Mudik Pakai Mobil di Malam Hari, Perhatikan Ini

Mudik Pakai Mobil di Malam Hari, Perhatikan IniJakarta - Beberapa orang banyak yang memilih mudik menggunakan mobil di malam hari. Alasannya, malam hari jalur mudik akan kosong. Namun, risiko berkendara di malam hari justru lebih besar.

Training Director di The Real Driving Center (RDC), Marcell Kurniawan menjelaskan, risiko berkendara di malam hari meningkat dua kali lipat. Sebab, visibilitas berkurang akibat pencahayaan yang masuk ke mata terbatas.

"Malem itu risikonya meningkat dua kalilipat. Saat malam hari itu visibilitas menurun, risiko naik 20 persen," kata Marcell di Jakarta.

Dengan penerangan yang kurang, rintangan mengemudi semakin bertambah. Kalau tidak bisa mengatasinya, kecelakaan akan mengancam pengendara.

"Mengemudi malam itu banyak rintangan, karena mengemudi itu kan mengandalkan mata. Semakin kita berumur semakin banyak cahaya yang kita butuhakn untuk melihat. Kalau penerangan jalan kurang dan hanya mengandalkan lampu depan, berarti risiko akan lebih tinggi," jelas Marcell.

Untuk itu, Marcell menyarankan agar tetap perhatikan laju mobil Anda. Jangan sampai mengemudi dengan kecepatan terlalu tinggi di malam hari.

"Pokoknya malam hari kurangi kecepatan kalau mengandalkan lampu depan tanpa penerangan jalan. Usahakan kecepatan di bawah 70 km/jam," saran Marcell.


0 comments:

Post a Comment