Thursday, September 17, 2015

Kemahalan, VW Urung Bikin Transmisi 10 Percepatan

Kemahalan, VW Urung Bikin Transmisi 10 PercepatanFrankfurt - Meski sebelumnya telah bertekad untuk membuat transmisi otomatis 10 tingkat percepatan dual-clutch berteknologi canggih, namun Volkswagen AG akhirnya mengurungkan niat tersebut. Mahalnya ongkos pembuatan serta kompleksnya teknologi yang harus digunakan menjadi alasannya.

Seperti dilaporkan Motorauthority, Kamis (17/9/2015), seorang sumber terpercaya di VW telah menyatakan hal itu. Menurutnya, ongkos pembuatan transmisi tersebut dinilai terlalu mahal.

Sebelumnya, pada 2013, Chief Executive Officer VW, Martin Winterkorn, menyatakan, pihaknya ingin membuat transmisi otomatis dual-clutch 10 tingkat percepatan. Transmisi ini, lanjut Winterkorn, akan digunakan oleh sejumlah model anyar besutan pabrikan itu.

Bahkan, akhir tahun lalu, pabrikan berkantor pusat di Wolfsburg, Jerman, ini sudah woro-woro bahwa transmisi itu akan dibuat. Peranti ini digunakan untuk mengimbangi mesin yang menyemburkan torsi hingga 405 lb-ft.

Transmisi itu disebut-sebut dirancang untuk menggantikan transmisi enam dan tujuh tingkat percepatan yang digunakan mobil subkompak dan kompak. Hal ini berkaitan dengan upaya untuk meningkatkan tingkat keiritan konsumsi bahan bakar.

Hanya, pengembangan prototipe transmisi 10 tingkat percepatan yang menggunakan nama kode DQ511 itu akhirnya tak diteruskan. Padahal, sebelumnya sejumlah pabrikan mobil sudah membuat transmisi sembilan tingkat percepatan.

Bahkan, beberapa pabrikan asal Amerikat Serikat â€Â" Ford Motor Company dan General Motors Company â€Â" sudah berancang-ancang meluncurkan transmisi otomatis 10 tingkat percepatan.




(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment