Thursday, September 17, 2015

Suzuki Comot Lagi Saham dari VW

Suzuki Comot Lagi Saham dari VWTokyo/Wolfsburg - Suzuki Motor Corp membeli lagi sahamnya yang sempat diserahkan kepada Volkswagen. Saham Suzuki sebesar 19,9 persen itu dibeli kembali Suzuki senilai US$ 3,9 miliar.

Pembelian kembali saham Suzuki merupakan hasil keputusan pengadilan internasional yang memerintahkan VW untuk melepaskan saham Suzuki.

Dikutip dari Reuters, Kamis (17/9/2015) total ada 122,77 juta lembar saham yang dikembalikan Volkswagen dengan harga per saha 3.842,50 yen.

Suzuki sebelumnya meneken kerja sama dengan Volkswagen pada 2009. Saat hubungan masih manis, keduanya berjanji akan saling tukar menukar keahlian.

Suzuki akan memberikan bantuan pada VW dalam hal mobil kecil dan pasar negara berkembang, sedangkan VW akan memberikan Suzuki akses pada teknologi canggihnya.

Sayang aliansi itu tidak berlanjut karena keduanya menganggap masing-masing pihak melanggar kerja sama. Suzuki menuduh Volkswagen menahan informasi sedangkan VW menghalang-halangi Suzuki yang ingin membeli mesin diesel ke Fiat. Suzuki kemudian mengajukan VW ke pengadilan arbitrase pada bulan November 2011.



(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment