Thursday, October 1, 2015

Gaet Perusahaan Israel, GM Pamerkan Mobil Tanpa Sopir Tahun Depan

Gaet Perusahaan Israel, GM Pamerkan Mobil Tanpa Sopir Tahun DepanDetroit - General motors (GM) mulai terjun ke mobil tanpa sopir atau otonom. Mobil listrik Chevrolet Volt akan dijadikan proyek perdana mobil otonom dari GM.

Seperti diwartakan BBC, Jumat (2/10/2015), untuk mengembangkan mobil otonom ini GM menggandeng perusahaan asal Israel, Mobileye, sebuah perusahaan pengembang perangkat lunak (software).

Langkah ini merupakan jawaban atas kompetisi dengan merek mobil lain seperti Tesla dan Google, yang sudah lumayan canggih mobil otonomnya.

Namun GM optimistis dengan pengalaman mereka di industri otomotif akan memberikan keuntungan dalam mengembangkan teknologi mobil otonom.

"Tidak ada siapa pun yang sudah bisa mengatasi semua tantangan dalam teknologi ini," ujar Wakil Presiden GM Mike Abelson.

Mobil otonom hybrid dari GM ini akan menjadi bagian dari layanan car-sharing untuk karyawannya. Untuk sementara, mobil otonom digunakan oleh karyawan GM untuk berkendara di sekitar fasilitas pelatihan GM Warren Technical Center.

Dikatakan, karyawan GM bisa memanggil Chevrolet Volt melalui aplikasi car-sharing, kemudian tinggal memilih tujuan. Selanjutnya, Chevrolet Volt akan jalan sendiri tanpa bantuan sopir ke tujuan yang dipilih di sekitar area fasilitas pengujian.

"Program ini berfungsi sebagai laboratorium pengembangan cepat untuk menyediakan data dan perjalanan untuk mempercepat kemampuan teknis perusahaan pada kendaraan otonom," sebut GM dalam pernyataannya.

Selain mengembangkan Volt otonom, GM juga mengumumkan teknologi "Super Cruise" bisa tersedia pada Cadillac CT6 model 2017. Teknologi semi otonom itu akan mengambil alih kemudi dan pengereman saat berkendara di jalan bebas hambatan maupun dalam lalu lintas padat.




(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment