Tuesday, November 10, 2015

Skandal Emisi Terkuak, VW Bayar Selisih Pajak Emisi Karbon

Skandal Emisi Terkuak, VW Bayar Selisih Pajak Emisi KarbonWolfsburg - Terkuaknya kecurangan pengujian emisi karbon di mesin diesel yang dilakukan oleh Valokswagen (VW) membawa dampak berupa kewajiban pabrikan itu untuk membayar selisih pajak emisi karbon.

Soalnya, hasil uji emisi yang dilakukan menunjukkan tingkat emisi yang lebih rendah dari semestinya.

Seperti dilansir Inautonews, Selasa (10/11/2015), pada Jumat (6/11/2015) lalu, Chief Executive Officer VW, Matthias Mueller dikabarkan telah mengirim surat kepada para menteri keuangan negara-negara di Eropa. Mueller disebut telah meminta mereka untuk memberikan masukan terkait dengan selisih pajak emisi karbon yang harus dibayarkan VW.

Sementara, di Eropa, jumlah mobil yang menjadi sumber emisi gas itu jumlahnya sekitar 800.000 unit. Walhasil, sejumlah analis memperkirakan jumlah denda yang harus dibayar pabrikan itu mencapai US$ 38 miliar atau sekitar Rp 520 triliun.

Sedangkan tuntutan denda terhadap VW tak hanya berupa pembayaran selisih pajak saja tetapi juga tuntutan lain termasuk ganti rugi oleh pemilik kendaraan. Sehingga, krisis akibat skandal uji emisi ini menjadi krisis terburuk yang pernah dialami VW sepanjang 78 tahun terakhir.

Untuk menyikapi hal ini, VW kabarnya telah melakukan serangkaian langkah penghematan senilai 1 miliar euro atau sekitar Rp 14,67 triliun. Namun kebijakan itu disesalkan oleh serikat pekerja.

"Manajemen mengumumkan langkah-langkah penghematan secara sepihak dan tanpa dasar apapun,” ujar Ketua Dewan Karyawan, Bern Osterloch.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment