Tuesday, November 10, 2015

Toyota Pertahankan Nama Kijang pada Innova

Toyota Pertahankan Nama Kijang pada InnovaJakarta - Di luar negeri sana, MPV (Multi Purpose Vehicle) Kijang Innova disebut dengan nama Innova saja. Tetapi Toyota Indonesia tidak melakukan hal yang sama, Kijang tetap diusung di nama Innova, karena Kijang sudah jadi legenda.

“Kijang memang asalnya dari Indonesia, dan awalnya memang Kijang. Baru pada tahun 2004 jadi mobil global disebut Innova, Tetapi Indonesia tetap pakai Kijang karena sudah menjadi ciri khas Indonesia dan sudah melegenda,” ujar Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor Rahmat Samulo di Jakarta.

Kiprah mobil ini sudah dimulai di tahun 1975 lalu, saat diperkenalkan di Jakarta Fair. Dua tahun berikutnya tepatnya 9 Juni 1977 Toyota Kijang meluncur ke pasaran Indonesia.

Kijang menurut Toyota memiliki 4 unsur senjata seperti ekonomis, performa, tangguh dan serbaguna. Maka itu pada tahun 1981 munculah generasi kedua yang hadir dengan bodi yang lebih halus dan beberapa perubahan pada eksteriornya.

Kijang Generasi ketiga yang diluncurkan pada 1986 bisa dikatakan menjadi titik tolak perjalanan Toyota Kijang sebagai mobil keluarga Indonesia. Tak hanya hadir dengan bentuk yang lebih halus, Kijang yang dijuluki Super ini juga dilengkapi dengan teknologi full pressed body.

Kemunculan, Kijang generasi keempat pada tahun 1977 menandai era mobil keluarga Indonesia. Dengan konsep mampu menemani kegiatan sehari-hari, posisi Kijang sebagai mobil keluarga Indonesia yang sesungguhnya.

Pada tahun 2004 menjadi era baru dalam kisah Toyota Kijang dimana Kijang Generasi Kelima, Kijang Inova hadir layaknya MPV modern dan sama sekali tidak tercermin karakter niaga yang sangat lekat dengan Kijang pendahulunya.

Sejak pertama kali diluncurkan, Kijang Innova dibekali teknologi khas abad ke-21 seperti mesin berteknologi VVT-i, diesel common rail, hingga Multi Information Display (MID) dan airbag.

Selain itu fleksibilitas pengaturan jok barus ketiga membuat kapasitas bagasi Kijang Innova mampu menampung lebih banyak. Bagian eksterior, New Kijang Innova hadir dengan desain yang lebih advance, prestigious, dan kesan emotional yang lebih tegas, melalui desain yang lebih berani dan gagah.

Perubahan di bagian eksterior diantaranya new shield shape radiator grille, new foglamp ornament, back door garnish with reflector dan new aerokit.

Sementara di interior terjadi improvement seperti desain baru dari head unit front face yang semakin memperkuat kesan modern dan advance.

Tak hanya itu, tahun 2013 lalu semua grade New Toyota Kijang Innova juga dilengkapi dengan dual airbags dan seatbelt pretensioner dan force limeter (PR/FL) agar para pengemudi dan penumpang New Kijang Innova dapat lebih merasa aman ketika berpergian bersama keluarga.

Kini 2 tahun berselang, Toyota kembali melakukan penyegaran pada Kijang Innova, selain desain yang lebih bergaya crossover, mobil pun mengalami perubahan total pada mesin bensin dan dieselnya. Membuat mobil menjadi lebih bertenaga.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment