Thursday, February 21, 2013

'Kecelakaan Bisa Terjadi karena Suku Cadang Palsu'

Jakarta - Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) memiliki tekad untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Salah satunya terus menggalakan kampanya keselamatan jalan raya dengan meningkatkan ketertiban berkendara demi keselamatan bersama para pengguna jalan.

Kecelakaan lalu lintas setiap harinya memang sering terjadi baik di Jakarta maupun beberapa kota lainnya yang ada di Indonesia. Banyak hal yang mengakibatkan kecelakaan tersebut.

Menurut Gunadi Sindhuwinata, Ketua Umum AISI menurutkan kalau terjadinya kecelakaan lalu lintas di Indonesia salah satunya bisa terjadi akibat adanya sparepart atau beberapa komponen yang palsu dan dipalsukan selain masalah infrastruktur dan kedisiplinan berkendara.

"Sparepart palsu itu banyak beredar. Dipalsukan sama palsu itu berbeda. Dengan demikian hal itu mungkin bisa mempengaruhi terjadinya kecelakaan lalu lintas," tutur Gunadi di sela-sela Press Conference AISI di Jakarta, Kamis (21/2/2013).

Gunadi mencontohkan, sparepart atau komponen yang banyak palsu itu seperti kampas rem dan rantai. Kedua komponen ini juga sangat penting perananya dalam sepeda motor.

"Kalau kampas rem yang palsu apakah kualitasnya baik? Bisa jalan tapi gabisa direm bagaimana? Begitu juga dengan rantai yang banyak dijual hanya Rp 7 ribu. Bayangkan saja dengan harga semurah itu apakah kualitasnya bagus?," paparnya.

Dengan demikian, Gunadi menyimpulkan dampak dari komponen palsu tadi bisa sangat berbahaya bagi pengendara motor tersebut.

"Maka dari itu saya mempertanyakan jangan-jangan sebagain yang terlibat dalam kecelakaan lalu lintas itu memakai komponen yang palsu itu. Maka dari itu kami mencoba untuk mencegahnya," tutup Gunadi.

0 comments:

Post a Comment