Thursday, February 21, 2013

Peraturan Sepeda Motor di Dunia Bakal Seragam

Peraturan Sepeda Motor di Dunia Bakal Seragam Jakarta - Peraturan sepeda motor di setiap negara memang berbeda-beda. Tapi rencananya untuk kedepannya peraturan sepeda motor di seluruh negara di dunia akan sama dan tidak ada lagi perbedaan antar satu negara dengan negara lain.

Sekjen AISI Hari Sasono, menuturkan kedepannya seluruh peraturan sepeda motor akan di harmonisasi dan saat ini sedang mempelajari 15 standar atau regulasi yang menyangkut sepeda motor

"15 standar atau regulasi itu seperti emisi gas buang, emisi suara, ban, klakson, speedometer, stater dan yang lainnya. Contohnya seperti lampu rem, di Amerika berwarna merah di Indonesia berwarna kuning, nah itu nantinya akan seragam," beber Hari Sasono di sela-sela Press Conference AISI di Jakarta, Kamis (21/2/2013).

Hari menambahkan, pemberlakuan standarisasi ini dilakukan agar nantinya jika ada perdagangan bebas sepeda motor yang berada di Indonesia bisa dijual keluar negeri.

"Itu semua akan diupayakan untuk diseregamkan takutnya jika nanti ada perdagangan bebas motor kita tidak bisa masuk ke luar negeri," tukasnya.

Selain itu, keseragaman atau harmonisasi yang akan segera terwujud yakni pada 1 Agustus 2013 nanti akan mulai berlaku ambang batas Euro 3 untuk sepeda motor baru yang ada di Indonesia.

"Untuk motor baru nanti mulai 1 Agustus 2013 harus sudah Euro3. Tapi untuk motor lama pemerintah masih memberikan waktu 2 tahun lagi," tutupnya.


0 comments:

Post a Comment