Monday, April 22, 2013

Bos Maserati: Mobil Listrik Omong Kosong

Bos Maserati: Mobil Listrik Omong Kosong Shanghai - Perdebatan soal mobil ramah lingkungan yang bebas emisi saat ini dianggap sebagai omong kosong oleh CEO Maserati, Harald Wester. Apalagi pemerintah di berbagai negara tidak memiliki pedoman seperti apa mengukur kadar emisi mobil.

"Semua diskusi tentang bebas emisi adalah omong kosong. Tak seorang pun berbicara tentang efisiensi dari bagaimana baterai terisi. Ini sangat berbeda sekali tergantung daerahnya, tergantung bagaimana energi itu diproduksi, apakah memakai nuklir, batubara dan seterusnya, bahkan yang terbaik pun tidak lebih baik dari mesin pembakaran," cetus Harald Wester di sela-sela Shanghai Auto Show 2013 dilansir autoevolution, Selasa (23/4/2013).

Wester menuturkan hal itu menyusul munculnya data kalau secara kesuluruhan, mobil listrik memiliki emisi 86 gram CO2 per kilometer di Eropa, 110 g/km di Amerika dan 191 g/km di China.

"Diesel dan gas adalah jawaban yang lebih tepat jika emisi CO2 yang menjadi poin utama. Kedua sangat lebih layak dibanding hybrid," ujarnya.

Harald Wester menganjurkan agar badan pengawas memiliki cara yang lebih realistis untuk mengukur kadar emisi sebelum mengesahkan peraturan pembuangan emisi gas buang kendaraan.

Kendati demikian, Wester mengatakan Maserati sepertinya harus mengembangkan hybrid atas desakan badan pengawas untuk memenuhi kriteria mobil hemat bahan bakar di Amerika Serikat.

"Tapi jika ingin solusi realistis untuk menekan emisi gas buang, jujur mobil listrik bukan jawabannya," tutupnya.

(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment