Monday, April 22, 2013

Jepang Terbesar, GM Segera Masuk Mulai Mei

Jepang Terbesar, GM Segera Masuk Mulai Mei Jakarta - Investasi perusahaan dari Jepang di Indonesia semakin menggila. Perusahaan itu rata-rata bermain di sektor otomotif.

"Jepang yang besar di sini itu otomotif, baik Nissan, Toyota, dan Daihatsu," kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri.

Total investasi Jepang di Indonesia mencapai US$ 1,2 miliar atau 16,3 persen dari total investasi asing. Angka itu sudah cukup untuk mengalahkan Singapura yang biasanya menjadi negara pertama yang berinvestasi di Indonesia

"Singapura itu biasanya selalu nomer 1, tapi kali ini Jepang," kata Chatib di acara Pers Conference realisasi investasi di Kantor BKPM, Jakarta, Senin (22/4/2013).

Chatib beralasan, meningkatkan pertumbuhan investasi dari Jepang tersebut ditopang oleh adanya penanaman modal di sektor industri otomotif dari negara Matahari Terbit tersebut.

GM Masuk Bulan Mei

Selain itu, investasi dari Amerika Serikat (AS) pun cukup siginifikan. Pada triwulan pertama tahun 2013 ini, total investasi yang masuk ke Indonesia dari Negeri Paman Sam mencapai US$ 900 juta atau 12,6% dari seluruh total investasi asing yang masuk.

"Amerika Serikat itu contohnya ada General Motors yang masuk, nanti diresmikan bulan Mei, lalu ada Cargill di Jawa Timur dan satu lagi perusahaan farmasi, saya lupa namanya," kata Chatib.

General Motors akan meresmikan pabrik di Pondok Ungu, Bekasi. Pabrik ini merupakan revitalisasi pabrik yang sudah lama berdiri di Bekasi itu. Dari perut pabrik ini akan lahir mobil MPV 7 Seater untuk Indonesia yakni Chevy Spin.

(zul/ddn)

0 comments:

Post a Comment