Monday, April 22, 2013

Mengintip Mobil Atap Terbuka Tercepat di Dunia

Mengintip Mobil Atap Terbuka Tercepat di Dunia Shanghai - Gelar mobil produksi terkencang milik Bugatti beberapa waktu lalu sempat diganggu. Namun itu hanya untuk versi coupe semata. Sebab untuk mobil produksi versi roadster atau atap terbuka, Bugatti tetap yang terkencang. Dan inilah roadster terkencang di dunia.

Mobil beratap terbuka yang terkencang di dunia itu adalah Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport Vitesse. Mobil ini mampu berlari hingga 431 km/jam ketika di tes di Ehra-Lessien, sebuah proving ground milik Volkswagen Group.

Rekor itu dipecahkan Veyron 16.4 Grand Sport Vitesse saat dikendarai oleh pebalap China, Anthony Liu. Dan karena itulah tidak salah bila mobil ini dipamerkan saat Shanghai Auto Show digelar.

Desain mobil ini tampil sederhana seperti Bugatti pada umumnya namun tetap menyiratkan aura yang kuat dengan laburan warna hitam dan jingga. Terlebih mobil ini memang didesain untuk berlari kencang namun mampu meminimalkan turbulensi dan suara angin yang berisik.

Mesin 8.0 liter berkonfigurasi W16 yang digendongnya mampu memperlihatkan 1.200 tenaga kuda dengan torsi 1.500 Nm. Lebih kuat dari Super Sport yang menjadi mobil tercepat di dunia. Veyron Super Sport sendiri memiliki tenaga sekitar 1.001 hp.

Jumlah produksi mobil ini pun cukup istimewa karena Bugatti hanya memproduksi Veyron 16.4 Grand Sport Vitesse World Record Car (WRC) Edition ini sebanyak 8 unit.

Dan untuk membawanya pulang, dana besar harus diberikan karena mobil ini harganya mencapai 2 juta pounds atau hampir Rp 30 miliar.

Tapi meski mampu berlari hingga 408 km/jam, untuk alasan keamanan, Bugatti hanya akan menyetting mobil ini untuk dapat berlari hingga 415 km/jam saja.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment