Tuesday, May 14, 2013

Ban Mobil Cepat Benjol? Periksa Tekanan Angin!

Ban Mobil Cepat Benjol? Periksa Tekanan Angin! Jakarta - Otolovers pasti ada yang pernah memiliki pengalaman membawa mobil atau ban mobilnya sendiri cepat benjol. Nah mau tahu penyebab ban mobil cepat benjol atau cepat rusak sebelum waktunya?

Menurut Traning Manager PT Bridgestone Indonesia Deni Arief Pribadi ban mobil cepat benjol atau cepat rusak sebelum waktunya itu diakibatkan karena ban tekanan anginnya kurang. Jadi alangkah baiknya setiap pengendara selalu memeriksa tekanan angin pada ban di mobilnya masing-masing.

"Ban cepat benjol itu karena kurang angin. Usahakan ban jangan sampai kurang angin. Kalau sekiranya kurang angin langsung ditambah anginnya agar tidak mudah benjol," kata Deni saat berbincang dengan detikOto.

Ban kurang angin itu lanjut pria yang akrab disapa Deni ini pengaruhnya ketika ban dihadapkan dengan kondisi jalan yang kurang baik atau menghantam lubang.

"Kalau jalannya kurang baik banyak bebatuan atau sering menghantam lubang ditambah kondisi ban kurang angin maka ban akan cepat benjol atau rusak sebelum waktunya," paparnya.

Berapa ukuran tekanan angin pada ban yang ideal? Lanjut Deni, sebenarnya tidak bisa diperkirakan karena tekanan angin pada ban itu tergantung dari jenis dan tipe kendaraan serta bobot kendaraannya itu sendiri.

"Sebaiknya mengikuti apa yang sudah dianjurkan oleh para pabrikan mobil di buku panduan atau bisa lagi kalau mobil mengangkut banyak penumpang maka tekanan ban harus diseimbangkan jangan sampai kurang angin karena bisa cepat merusak ban," pungkasnya.

(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment