Wednesday, May 29, 2013

KIA Carens Bukan Pesaing Avanza dan Lainnya

KIA Carens Bukan Pesaing Avanza dan Lainnya Jakarta - PT KIA Mobil Indonesia akhirnya memperkenalkan generasi ketiga Carens di Indonesia. Namun KIA memastikan bahwa All New Carens takkan masuk ke pasar MPV B-segment yang diisi Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Chevy Spin, Suzuki Ertiga, Mazda VX-1, dan MPV Brio yang bakal sebentar lagi lahir.

All New Carens akan mengisi segmen baru di mobil penumpang di atas B-Segment yakni kelas C-Segment.

Hal tersebut disampaikan Direktur Marketing PT KIA Mobil Indonesia Hartanto Sukmono , di Central Park Jakarta Barat, Rabu (29/5/2013). KIA pun tak menyebut Carens sebagai MPV.

"Karena varian MPV itu memiliki sejarah, dimana dahulunya diposisikan sebagai kendaraan penumpang yang juga bisa membawa barang. Oleh sebab itu kita tidak menyebut MPV, karena kita memang memfokuskan untuk menjadi kendaraan penumpang," katanya.

KIA tidak ingin berpusing-pusing masuk ke segmen yang tengah menggemuk sekarang.

"Kenapa kita tidak mengambil (masuk) ke volume yang besar? Aduh itu pusing, ada Avanza, Xenia, dan persaingannya bukan main. Dan kita tidak mau bersaing di situ, karena kita memilih untuk bersaing diatas (segmen menengah ke atas), seperti Kijang Innova, Proton Exora, Grand livina 1.8 liter, dan kini ada all New Carens," ucapnya.

Hartanto menuturkan target pasar Carens adalah keluarga modern, apalagi kini jumlah keluarga kelas menengah ke atas mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

"Mengutamakan efisiensi dan tampil beda, ini ciri-ciri keluarga modern di Indonesia. Dan kita hanya mau mengisi line up kita saja di Indonesia. Terlebih saat ini pertumbuhan market keluarga modern terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan yang sebelumnya untuk segmen medium and Upper yang memiliki harga jual mencapai Rp 150 juta-300 juta meningkat. Sebelumnya hanya mengambil pasar sekitar 34 persen di 2005, kini (2012) telah mencapai 79 persen," katanya.

(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment