Tuesday, February 4, 2014

Mobil Balap James Hunt Dilelang

Mobil Balap James Hunt DilelangJakarta - Salah satu mobil balap paling legendaris di ajang Formula 1, Hesketh 308 siap dilelang. Ini adalah mobil tunggangan James Hunt ketika melawan Nikki Lauda yang perseteruan itu kemudian dipopulerkan di film blockbuster, Rush.

Mobil ini adalah mobil milik Hesketh Racing, sebuah tim balap yang dibentuk pada tahun 1972 oleh penggila otomotif asal Inggris, Lord Alexander Hesketh. Cerita bermula ketika Hesketh yang sudah dua musim balap ingin naik ke formula tertinggi, Formula 1.

Untuk itu, Hesketh menugaskan insinyur mobil balap terkenal Harvey Postlethwaite untuk merancang dan membangun sebuah mobil baru untuk pebalap utama Hesketh, James Hunt agar bisa mengikuti Formula One World Championship di 1974. Dan lahirlah Hesketh 308.

Hasilnya, tanpa didukung pabrikan, Hesketh 308 mampu berbicara banyak untuk melawan mobil milik Ferrari, Lotus dan McLaren yang disegani ketika itu.

Hanya ada empat sasis Hesketh 308 yang pernah dibuat dan mobil yang akan dilelang kali ini memiliki nomor sasis 308-1 yang menjadikannya mobil Hesketh 308 pertama. Mobil dengan sasis pertama ini memulai debut di 1974 Brands Hatch Race of Champions dimana dia mampu merebut pole tapi akhirnya tidak mampu mengakhiri balapan karena spin off di lap empat.

Dua minggu kemudian, 308-01 memulai grand prix pertamanya di Afrika Selatan ketika dia memulai lomba dari posisi lima, lagi-lagi nasib buruk menimpa.

Baru di balapan ketiga ketika dilangsungkan di Silverstone, Hesketh 308 mampu membuktikan keunggulannya dan menjadi yang pertama melewati garis finish. Sasis ini digunakan di sebagian besar balapan yang diikuti Hesketh di musim 1974.

Menurut rencana, mobil ini akan dilelang di Grand Prix Monaco pada 9â€Â"10 Mei 2014 mendapat dengan perkiraan harga akan mencapai 400.000-650.000 euro atau sekitar Rp 6,5 miliar sampai dengan Rp 10,7 miliar.


0 comments:

Post a Comment