Wednesday, July 16, 2014

Jok Kursi Ini Bisa Mendeteksi Pengendara yang Ngantuk

Jok Kursi Ini Bisa Mendeteksi Pengendara yang NgantukLondon - Mengemudi salah satu aktivitas berbahaya di dunia. Karena itu mengemudi harus dalam kondisi sehat dan fit serta tidak mengantuk. Untuk mengantisipasi pengendara mengantuk, sebuah alat inovatif dibuat.

Mengacu pada fakta pengendara yang mengantuk merupakan penyumbang 1 dari 5 kecelakaan, maka jangan sampai mobil berada di tangan tukang ngantuk ini.

Alat tersebut dikembangkan oleh para peneliti di Universitas Nottingham Trent, Inggris. Alat dipasang pada pada kursi mobil dan akan memicu alarm ketika pengemudi tertidur saat mengemudi.

Untuk diketahui proyek baru dari Universitas Nottingham Trent bekerjasama perusahaan Plessey yang menyatukan sensor electrocardiogram (ECG) yang dipasang di jok.

Alat tersebut menempel pada sandaran kursi dan cara kerja perangkat ini dengan mengumpulkan sinyal berdasarkan detak jantung pengemudi dan sensor gelombang yang berada di kursi pengemudi.

Researchers develop seats which detect when drivers fall asleep

Perangkat ini mampu memantau kondisi seperti fisik, konsentrasi, relaksasi, gangguan, kelelahan, mengantuk. Jika ada keanehan pada gelombang maka sinyal akan memberitahukan lewat suara dan layar di depan pengemudi. Alat akan menyarankan si pengemudi untuk menepi.

Perangkat itu mengukur sinyal pengemudi setiap 18 detik dan akan memperingatkan pengemudi sekitar 10 menit agar pengemudi bisa segera beristirahat atau berganti pengemudi.

Jika pengemudi tidak menghiraukan ini maka sistem akan mengaktifkan sendiri fitur active cruise control atau lane departure untuk mencegah kecelakaan.


0 comments:

Post a Comment