Wednesday, July 16, 2014

Tips Mengemudi yang Aman Saat Mudik ala Polisi

Tips Mengemudi yang Aman Saat Mudik ala PolisiJakarta - Musim mudik Hari Raya Lebaran sudah hampir tiba. Bagi Anda yang mudik menggunakan mobil pribadi tentunya harus disiapkan segala keperluannya termasuk kondisi mobil.

Nah, apapun kendaraan yang Anda kemudikan, keamanan memang faktor paling penting.

Berikut beberapa strategi keamanan dasar yang dapat menjauhkan Anda dari bahaya ketika mengemudi mobil ke kampung halaman dilansir situs resmi Polri, Rabu (16/7/2014).

1. Yang paling penting adalah menemukan posisi mengemudi yang baik. Atur kursi sehingga anda dapat meletakkan pergelangan tangan di atas roda kemudi dengan tangan terentang. Anda mungkin perlu mengatur kemiringan sandaran kursi untuk menemukan posisi ideal yang benar-benar nyaman dan tidak melelahkan.

2. Atur sandaran kepala sehingga pas berada di belakang namun tidak menyentuh kepala anda. Pegang kemudi dengan kedua tangan sejajar pada "posisi tangan 9 dan 3", agar dapat memutar roda kemudi ke kiri atau kanan dengan cepat dan tepat.

3. Bila kurang nyaman, dapat memilih posisi jarum jam angka 10 dan 2. Jangan membiasakan meletakkan tangan pada bagian atas roda kemudi, terutama pada mobil-mobil baru, karena air bag dapat mematahkan tangan atau mendorongnya ke muka anda bila sampai terkembang.

4. Biasakanlah untuk menggunakan sabuk pengaman (safety belt) sebelum menghidupkan mesin. Mintalah agar seluruh penumpang juga mengenakan sabuk pengaman.


0 comments:

Post a Comment