Tuesday, August 19, 2014

Harga Termurah Converter Kit BBG Setara dengan 1 Sepeda Motor Baru

Harga Termurah Converter Kit BBG Setara dengan 1 Sepeda Motor BaruJakarta - Harga converter kit yang cukup mahal menjadi salah satu penyebab rendahnya pemilik kendaraan, khususnya di Jakarta, masih minim menggunakan bahan bakar gas (BBG).

Menurut Adin Nurhadi, Site Manager SPBG Petross PT Petross Gas, harga converter kit di pasaran otomotif bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah atau setara dengan harga sepeda motor standar baru.

"Harganya mahal, paling murah Rp 15 juta/tabung. Itu yang standar," kata Adin saat ditemui detikFinance di Jakarta, Selasa (19/08/2014).

Adin mengungkapkan, converter kit yang dijual di pasar otomotif Jakarta terbagi menjadi 4 tipe yaitu I, II, III dan IV. Semakin tinggi tipe maka tabung yang dijual semakin mahal.

"Harga tipe I dan II Rp 15 juta/tabung. Tipe III atau IV Rp 20 juta/tabung. Kalau tipe III dan IV ini lebih ringan karena bahannya dari alumunium dan serat fiber. Kalau I dan II murni besi jadi berat," tuturnya.

Adin menjelaskan semakin berat tabung, maka semakin kecil tekanan yang dihasilkan. Semakin tinggi tekanan yang dihasilkan maka kinerja mesin penggerak kendaraan semakin baik.

"Converter kit tipe III dan IV tekanan tinggi sanggup rata-rata sampai 250 bar saat dia bekerja. Kalau tipe I dan II hanya 200 bar," jelasnya.

Adin menambahkan, harga converter kita juga tergantung kapasitas isi gas yang bisa dimuat. Rata-rata setiap tabung untuk mobil pribadi hanya mempunyai kapitas isi 10 liter. Sedangkan bajaj hanya 5 liter dan bus TransJakarta 20 liter.

"Converter kit di Jakarta banyak dijual di daerah Mampang, Jakarta Selatan," sebutnya.


0 comments:

Post a Comment