Tuesday, August 19, 2014

Malaysia dan Zimbabwe ada Pabrik Mazda, di Indonesia?

Malaysia dan Zimbabwe ada Pabrik Mazda, di Indonesia?Hiroshima - Dengan angka produksi mobil yang sudah mencapai 40 juta unit lebih, Mazda memiliki sekitar 15 pabrik yang tersebar di seluruh dunia. Negara-negara seperti Jepang, China, Amerika, Jerman sudah memiliki pabrik sendiri.

Di Asia Tenggara Mazda memiliki fasilitas perakitan mobil di Malaysia dan Vietnam, bahkan di negara Afrika seperti Afsel dan Zimbabwe pun Mazda sudah ada pabriknya, terus kenapa belum ada di Indonesia, Mazda?

Ketika ditanyakan hal ini kepada Executive Officer Mazda Motor Corporation Hiroshi Inoue, dia menjawabnya sambil balas memberikan senyuman saja,

"Dalam proses studi, mohon sabar," ujar pria berkacamata yang mengawasi operasi Mazda di negara-negara berkembang kecuali Amerika Latin ini.

Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia (MMI) Astrid Ariani Wijana, menuturkan untuk membuat pabrik setidaknya penjualan Mazda di Indonesia mencapai 100.000 unit per tahun.

"Setiap negara kebijakannya berbeda-beda. Tapi menurut kami kapasitas pabrik yang sehat itu bisa memproduksi mobil sebanyak 100.000 unit/tahunnya," kata Astrid beberapa waktu lalu.

Jika mengaca ke arah itu, jelas MMI masih belum memungkinkan untuk membangun pabrik perakitan di Indonesia. Tapi, ke depannya tidak menutup kemungkinan MMI punya pabrik di Indonesia.

"Kita target penjualan untuk tahun ini sekitar 12.000 unit per tahunnya," timpalnya.



0 comments:

Post a Comment