Monday, October 27, 2014

Recall Puluhan Juta Mobil, GM Sunat Bonus Karyawan

Recall Puluhan Juta Mobil, GM Sunat Bonus KaryawanDetroit - Akibat banyak melakukan penarikan kembali atau recall mobil karena berbagai permasalahan, General Motors (GM) hampir tak membukukan untung pada semester pertama tahun ini. Akibatnya, perhitungan pembagian bonus bagi karyawan pun ditinjau ulang.

Seperti dilansir laman CNN, Selasa (28/10/2014), biaya penarikan kembali mobil mencapai sekitar US$ 2,5 miliar atau sekitar Rp 30 triliun. Uang sebanyak itu untuk ongkos perbaikan mobil berikut kompensasi kepada korban meninggal atau luka akibat kecelakaan.

"Tentu, itu berpengaruh kepada bagaimana perusahaan menghitung pembagian laba kepada karyawan," kata CEO GM Mary Barra.

Tahun lalu, GM membayarkan sekitar US$ 7.500 kepada masing-masing karyawan di pabrik Aerika. Angka ini merupakan rekor dan mengalami kenaikan 11 persen dibanding tahun sebelumnya.

Barra menyatakan, pihaknya tengah menghitung dividen saham bagi karyawan. Namun soal besaran keuntungan yang akan dibagikan itu, GM akan menghitungnya pada akhir tahun. Karena recall belum lah usai.

Pabrikan ini telah menarik mobil buatannya sekitar 30 juta unit tahun ini karena berbagai permasalahan. Salah satu permasalahan yang dianggap fatal adalah masalah pengapian di mesin mobil yang telah berlangsung 10 tahun.

Namun masalah ittu diduga tak dilaporkan ke pihak berwajib. Akibatnya, pabrikan ini menghadapi tuntutan dari berbagai pihak, termasuk pemilik mobil.






0 comments:

Post a Comment