Thursday, August 27, 2015

Apa Strategi Goodyear Hadapi Penurunan Pasar Mobil?

Apa Strategi Goodyear Hadapi Penurunan Pasar Mobil?Jakarta - Penurunan daya beli masyarakat sangat mengganggu penjualan mobil di semester pertama tahun 2015. Bagaimana produsen ban seperti Goodyear menyikapinya?

"Untuk faktor daya beli, seperti yang kita ketahui memang ada keterlambatan faktor daya beli terutama di pasar domestik, tapi dari sisi segmen yang kita miliki secara keseluruhan di Goodyear Indonesia, faktor tersebut membantu kita di paruh kedua 2015, yang menurut kita masih sesuai dengan rencana-rencana sejak awal, memang ada dampak sedikit pada semester pertama, kita harapkan ada beberapa perbaikan dari keseluruhan segmen,” ujar Direktur Pemasaran dan Penjualan Goodyear Indonesia Yedi Sondy dalam jumpa pers di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (27/8/2015).

Di umur yang sudah 80 tahun produsen ban asal German ini, mengaku tidak memiliki strategi khusus untuk bertahan di industri yang mereka geluti. Namun menurut Yedi, terdapat tiga komponen yang selalu mereka perhatikan, yakni produk, jangkauan atau networking dan konsumen.

"Strategi tidak ada yang khusus kita tetap fokus kepada produk-produk yang kita miliki, kita juga fokus kepada pengembangan jaringan yang sudah kita miliki, jika sudah kuat, kita akan maksimalkan channel link maupun distribusi, dan tentu saja costumer dan pelanggan kita yang sudah sangat bai tinggal dikembangkan, sehingga tiga faktor utama tersebut akan membantu mengcover gonjangan-gonjangan yang tejadi" ujarnya.

Arfianti Puspitarini, Manajer Produk Konsumer Goodyear menambahkan Goodyear mampu berkontribusi terhadap pasar Indonesia sesuai komposisi yang ada di pasar industri.

"Kontribusi Goodyear terhadap pasar, kalau dilihat dari segmennya dengan value mobil passenger itu sekitar 50% karena memang lebih banyak, untuk mobil sport memang di bawah 50% karena memang tidak terlalu besar, bisa lihat di jalanan depan kiri belakang MPV semua, kalau lihat mobil sport itu jarang, memang tidak terlalu besar tapi itu sesuai dengan komposisi yang ada di pasar industri,” tuturnya.

Goodyear pun sudah menjadi ban resmi di beberapa pabrikan mobil. "Iya kami kerjasama dengan pabrikan, karena ban ini digarap di German, salah satunya BMW, Mercedes-Benz CLA yang baru itu menggunakan Goodyear ini, Mini Cooper yang ringan itu juga pakai,” ujar Arfianti.





(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment