Friday, August 28, 2015

Ini Tips Berkendara Aman dan Nyaman Bagi Remaja

Ini Tips Berkendara Aman dan Nyaman Bagi RemajaTangerang - Berkendara yang aman dan nyaman bagi diri sendiri tak sekadar memerlukan keterampilan pengemudi berikut kesiapan kondisi kendaraan.

Faktor kesiapan mental dan memahami posisi yang benar di balik kemudi ternyata juga sangat menentukan, padahal dua faktor ini kerap diabaikan para remaja yang saban hari telah mengemudikan kendaraan.

"Oleh karena pentingnya kesiapan mental itu, maka aturan menetapkan bahwa yang berhak mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) haruslah mereka yang telah berusia minimal 17 tahun," tutur Rally Marina, seorang pereli nasional yang didaulat PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) untuk memberi wawasan dan menggugah kesadaran para remaja dalam berkendara, di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show. (GIIAS) 2015, di ICE-Serpong, Tangerang.

Penetapan umur minimal 17 tahun itu bukan semata-mata karena umur itu dinilai seseorang telah mengalami akil balik, namun lebih kepada proses biologis dimana kematangan mental mulai tumbuh.

"Mereka tak lagi egois, memiliki rasa tanggung jawab kepada diri sendiri dan orang lain. Meski begitu, kesadaran dan pemahaman cara berkendara yang benar harus ditumbuhkan," papar Marina.

Lantas apa saja yang perlu diperhatikan? Pertama tentu saja pengendalian emosi. Jangan sesekali terpancing emosi ketika pengendara kendaraan lain mulai melakukan tindakan yang tergolong provokatif.

"Pahami bahwa semua akibat tindakan yang dilakukan sesorang bisa berkibat pada diri sendiri dan orang lain. Ingat, orang lain juga butuh keamanan dan kenyamanan berkendara. Mereka juga berhak atas jalanan, apa yang kita lakukan di jalan bukan hanya bagi kita tapi juga orang lain. Karena itu kendalikan emosi dan fokus memperhatikan lingkungan sekitar," ucap Marina.


0 comments:

Post a Comment