Tuesday, August 18, 2015

Muter-muter di IIMS, JK Terpukau dengan Kemajuan Industri Otomotif

Muter-muter di IIMS, JK Terpukau dengan Kemajuan Industri OtomotifJakarta - Setelah membuka pameran Indonesia International Motor Show, Wakil Presiden Jusuf Kalla berkesempatan mengeliling lokasi pameran. Jusuf Kalla cukup terpukau dengan kemajuan teknologi di industri otomotif.

“Ya ini bagus, ada tentu kita lihat tadi perkembangan dari pada baik kemajuan teknologi juga perkembangan dari industri dan juga model-model mobil pada dewasa ini. Itu penting kita ikuti kemajuannya karena industri juga mengikuti teknologi,” ujarnya di JI Expo, Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Di sisi lain, Jusuf Kalla mengakui industri otomotif Indonesia sudah melampaui negara tetangga di ASEAN seperti Thailand.

“Ya jumlahnya, ya. Kita sudah lebih tinggi daripada Thailand,” ujar JK.

Dia menambahkan saat ini karena pertumbuhan ekonomi yang turun, penjualan mobil juga mengalami penurunan, hal yang sama juga terjadi di Thailand. “Pasti semua turun sih. Di Thailand juga turun. Dia lebih turun lagi daripada kita,” ujar JK sambil menyebutkan penurunan pasar mobil nasional berkisar antara 16-20 persen.

Karena itu lah Jusuf Kalla meminta industri otomotif untuk lebih efisien, dari hulu ke hilir sampai jaringan penjualan.

Mengenai komitmen pemerintah dalam mendukung program kendaraan ramah lingkungan, Wapres mengatakan pemerintah sudah melaksanakan kebijakan itu.

Ya sekarang sudah berjalan. Yang masalah sekarang bukan regulasinya, masalah sekarang kan melemahnya ekonomi secara keseluruhan. Otomatis mobil itu juga menurun penjualannya,” ujarnya.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment