Wednesday, March 19, 2014

Oli Motor Sudah Tercampur Air, Apa yang Harus Dilakukan?

Oli Motor Sudah Tercampur Air, Apa yang Harus Dilakukan?Jakarta - Belakangan ini cuaca di wilayah Indonesia khususnya Jakarta dan sekitarnya masih belum stabil. Terkadang diguyur hujan, kadang juga panas.

Nah, buat Anda pengendara sepeda motor harus tetap berhati-hati, apalagi saat hujan turun. Ketika melewati genangan air atau banjir dikhawatirkan oli bisa kemasukan air.

Menurut Kepala Bengkel AHASS Wahana Gunung Sahari, Titut, oli yang sudah kemasukan air itu sebenarnya mengeceknya mudah.

"Bila tercampur dengan air itu warnanya sudah berubah. Cek saja di stik olinya pasti sudah berubah warnanya," ujar Titut saat berbincang dengan detikOto.

Titur menjelaskan, oli yang sudah tercampur air itu jika warna dasarnya hitam pasti akan berubah warna menjadi putih susu sedangkan untuk warna dasarnya merah pasti akan berubah menjadi pink.

Lalu bagaimana cara mengganti olinya, apakah langsung membuang oli tersebut dan menggantinya dengan yang baru?

"Buang oli tersebut dan diamkan beberapa saat sampai benar-benar oli turun. Disarankan tidak dikuras dengan menggunakan solar tapi lebih bagus pakai oli lagi, sampai beberapa kali, setelah itu baru diganti dengan oli yang baru," bebernya.

"Kalau dibersihkan pakai solar bisa merusak yang lain. Selain itu saringannya juga dibersihkan," tutupnya.




0 comments:

Post a Comment