Monday, July 21, 2014

Survei: Orang Hanya Betah dengan Mobil Selama 2 Tahun 2 Bulan

Survei: Orang Hanya Betah dengan Mobil Selama 2 Tahun 2 BulanJakarta - Model kendaraan umumnya berumur sampai 7 tahun, setelah itu berganti model baru. Namun untuk merangsang minat beli konsumen, produsen kerap melakukan facelift ringan pada kendaraan ketika menginjak usia 2-3 tahun. Cara itu pun berhasil.

Riset yang dilakukan Auto2000 selaku main diler Toyota, terungkap konsumen Toyota mengganti mobil sekitar 2 tahun 2 bulan kemudian.

"2 tahun 2 bulan banyak orang sudah jual mobil mereka, dan beli mobil baru lagi. Mobil lamanya dijual. Survei ini kami lakukan pada konsumen Toyota," kata Aftersales Division Head Auto2000 Ricky Martawijaya di Jakarta.

Dijelaskan Ricky, cukup banyak konsumen menganggap mobilnya sudah lawas meski baru berusia 2 tahun dan cicilan belum lunas. Mereka beranggapan mobil baru adalah prioritas mereka.

Ricky menambahkan, konsumen Toyota menggunakan metode tukar tambah pada diler resmi Toyota. Namun cukup banyak konsumen yang menjual mobil mereka pada diler mobil bekas atau perorangan. Dia juga menjelaskan pilihan mobil beraneka ragam, mulai dengan model yang sama namun berbeda tipe, sampai pindah model menyesuaikan kebutuhan.

"Padahal cicilan belun lunas, mobil lama dijual untuk beli mobil baru. Orang berpikir refreshment. Cicilan per bulan mobil sebelumnya dikalkulasi lagi," ucapnya.

Ricky menyakini hal tersebut salah satu bukti bahwa refreshment yang dilakukan Toyota 2-3 tahun sekali terbukti berhasil. Buat pabrikan Toyota ini tentu menguntungkan.

"Kebanyakan cicilan selama 4 tahun. Belum selesai ganti mobil baru dan kalkulasi dengan cicilan lama," tutupnya.


0 comments:

Post a Comment