Monday, July 21, 2014

Tunda Bangun Pabrik di Indonesia, VW Hengkang ke India

Tunda Bangun Pabrik di Indonesia, VW Hengkang ke IndiaWolfsburg - Beberapa waktu lalu, Volkswagen (VW) AG sudah memastikan akan membangun pabrik perakitan di Indonesia. Tapi rencana itu harus ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan karena kondisi dolar yang terus menguat terhadap rupiah.

Dilansir laman Automotive News Europe, seorang petinggi VW AG memutuskan untuk menanam saham di pasar otomotif India dengan mengucurkan dana sebesar 15 miliar rupe atau setara dengan Rp 2,9 triliun.

Presiden dan Direktur Pelaksana Volkswagen India, Mahesh Kodumudi mengatakan bahwa VW AG ingin meningkatkan hasil produksi dari 130.000 unit menjadi 200.000 unit per tahunnya. Menurutnya, selain merakit mobil juga akan merait mesin secara lokal.

Saat ini, produsen mobil terbesar kedua di dunia di India memiliki fasilitas produksi di Aurangabad dan Pune.

VW yang sebagian besar bergantung pada keuntungan dari kawasan Asia-Pasifik, sebenarnya tidak memiliki penetrasi pasar yang mendalam di pasar negara berkembang seperti India atau negara-negara lainnya di Asia Tenggara.

Sebelumnya, CEO Volkswagen (VW) Indonesia, Andrew Nasuri mengatakan rencana VW untuk membangun pabrik di Indonesia harus terhenti untuk sementara, karena adanya gejolah mata uang dolar yang belum juga stabil terhadap rupiah.

"VW AG masih mengkaji ulang kembali. Jadi rencana awal itu (mendirikan pabrik) ditunda dulu," tutur Andrew kepada para pewarta otomotif di Jakarta.


0 comments:

Post a Comment