Thursday, October 23, 2014

Ada Jokowi, Penjualan Mobil Bakal Bergeser ke Indonesia Timur

Ada Jokowi, Penjualan Mobil Bakal Bergeser ke Indonesia TimurJakarta - Porsi penjualan mobil di Indonesia saat ini masih terpusat di Pulau Jawa dan Bali. Ke depan, diprediksi porsi untuk kawasan Indonesia Timur akan lebih banyak. Apalagi Presidennya sekarang Joko Widodo.

Hal itu diyakini betul oleh Presdir PT Putra Auto Kencana Andee Y. Yoestong, pemilik diler Chevy di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Sulawesi dan bakal menyusul di Bintaro.

Dia menuturkan dalam sebuah survei, tahun 2002-2012, penjualan mobil 93 persen ada di Bali dan Jawa. Di luar kawasan itu cuma 7 persen.

Namun di 2012 saat jumlah mobil mencapai 8,89 juta (data Badan Pusat Statistik), porsinya menurut Andee sudah lebih banyak yang di luar Jawa Bali. Sudah 70:30. 70 Persen di Jawa-Bali dan sisanya di kawasan-kawasan seperti Indonesia Timur.

"Ke depan diprediksi akan beralih lebih banyak lagi ke Indonesia, apalagi ada Jokowi punya akan kencang," ujarnya dalam perbincangan dengan detikOto dan 2 media lainnya di Jakarta.

Pembangunan jaringan transportasi massal seperti MRT di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya di Pulau Jawa akan sedikit menekan porsi penjualan mobil di tanah air.

"Siapa tahu ada 50-50, di sini (Jawa) kan ada MRT di Indonesia Timur belum," ujarnya.


0 comments:

Post a Comment