Tuesday, January 27, 2015

Ingat, Pilih Oli yang Tidak Bikin Kerak di Mesin

Ingat, Pilih Oli yang Tidak Bikin Kerak di MesinJakarta - Kadang kala memilih oli kendaraan, pengguna kendaraan suka cocok-cocokan. Tetapi faktor utama yang penting dalam pemilihan oli adalah mencari oli yang tidak menimbulkan kerak. Oli yang tidak membuat kerak bisa membuat mobil lebih awet.

Untuk itu, pemilik mobil dianjurkan agar memilih oli yang tidak meninggalkan kerak pada mesin.

Menurut Mekanik di bengkel United Oil Station Yustinus, semua merek oli memang mengklaim bahwa produknya tidak menghasilkan kerak. Meski begitu, ada beberapa jenis dan merek oli yang menimbulkan kerak.

"Semua hampir sama sih. Tapi bedanya ya itu, ada oli merek jenis apa yang bisa ninggalin kerak. Keraknya seperti lumpur. Yang bagus speknya ya tidak ninggalin kerak di dalam mesin," kata Yustinus kepada detikOto.

Selain itu, kata Yustinus, oli yang tidak menimbulkan gesekan berlebih pun menjadi oli yang bagus untuk sebuah kendaraan. Dengan begitu, mesin akan tetap awet.

"Terus yang ngindarin gesekannya lebih bagus. Kan jadi mesin pun lebih awet ya, enggak cepat rusak," tambahnya.

Namun, seperti apa oli yang cocok untuk mobil, pemiliknya tentu harus mencobanya terlebih dahulu. Bisa saja, ketika dianjurkan oleh seorang mekanik untuk meggunakan salah satu merek oli, pemilik mobil tidak merasakan kecocokan menggunakan oli tersebut.

"Biasanya kalau oli itu memang dia harus coba dulu di mobilnya. Kalau memang dia mobilnya enggak cocok, bisa juga enggak cocok. Jadi orang nyoba dulu rasanya kayak gimana pakai oli itu," kata Yustinus.

Namun untuk mobil-mobil keluaran terbaru, dianjurkan untuk menggunakan oli dengan tingkat keenceran (SAE) 10W-40 ke bawah. Sebab, oli dengan tingkat SAE tersebut lebih encer dan menghasilkan putaran mesin yang lebih halus.

"Yang mobil sekarang lebih bagus yang 10W-40 sekarang banyak yang pakai. Toyota aja ngeluarinnnya 10W-40 untuk mobil kayak Terios, Avanza. Kita pakainya 10/40 atau 10/40 ke bawah misalnya 5/30, 5/40. Ada juga sekarang yang 10/30," saran Yustinus.

0 comments:

Post a Comment