Tuesday, January 27, 2015

Gaikindo: Indonesia Bisa Punya Mobil Nasional Sendiri

Gaikindo: Indonesia Bisa Punya Mobil Nasional SendiriJakarta - Selama ini pabrikan mobil yang ada di Indonesia berasal dari luar negeri seperti Jepang, Amerika dan Eropa. Lalu, kapan Indonesia punya mobil nasional atau merek mobil asal Indonesia?

Ketua I Gaikindo, Jongkie D Sugiarto menuturkan, sekarang ini Indonesia belum memiliki mobil nasional, kriteria mobil nasional pun belum ada. Tapi untuk membuat mobil nasional, Indonesia memiliki kemampuan.

"Kalau ditanya bisa apa enggak? Jawabannya Indonesia bisa, kenapa tidak bisa. Bisa sekali, tinggal mau mulai dari mana, apakah mau produksi sendiri atau membeli teknologi yang sudah ada, itu pasti lebih cepat," ujar Jongkie di sela-sela acara Frost & Sullivan di Mawar Room, Mezanine Floor, Hotel Mulia Senayan Jakarta, Jl. Asia Afrika Senayan 1, Jakarta, Selasa (27/1/2015).

Menurut Jongkie, jika mau membeli teknologi, untuk urusan produksi harus di dalam negeri, komponen dibuat di dalam negeri. Sehingga Indonesia bisa memiliki merek mobil sendiri.

"Dibeberapa negara, rata-rata membeli teknologi. Contohnya Proton dengan Mitsubishi, Hyundai dengan Mitsubishi. Membeli teknologi lebih cepat dari nol," tuntasnya.


(ady/lth)

0 comments:

Post a Comment