Tuesday, January 27, 2015

Toyota Ubah Cara Bayar Upah Pekerja Pabrik, Tak Lagi Ada Senioritas

Toyota Ubah Cara Bayar Upah Pekerja Pabrik, Tak Lagi Ada SenioritasTokyo - Toyota akan mengubah cara mereka membayar gaji upahnya, bila selama ini berdasarkan prinsip senioritas alias yang lebih lama bekerja bakal mendapat upah yang lebih besar berdasarkan golongan pekerja. Kini upah akan fokus pada performa karyawan yang bersangkutan.

Ide Toyota untuk pekerja pabrik di Jepang ini, tengah diajukan kepada serikat pekerja di Jepang. Seperti dilansir reuters, Selasa (27/1/2015).

Peraturan baru Toyota ini memang sengaja dirancang untuk menarik bakat muda (pekerja muda) berusia 18-65 tahun. Atau sekitar 60.000 pekerja yang mencapai 60 persen bisa lebih semangat saat bekerja.

Surat harian Jepang Nikkei mengatakan, Toyota berharap peraturan terbaru Toyota ini akan rampung di akhir Januari dan segera bergulir.

Dan peraturan ini membuat karyawan akan dievaluasi dua kali setahun, dengan upah disesuaikan setiap enam bulan.

Selanjutnya Financial Daily mengatakan, selain pembenahan sistem berbasis senioritas, pengaturan baru ini juga akan mengatur tunjangan tanggungan karyawan. Sehingga bisa memberi manfaat lebih bagi pekerja yang membesarkan anak-anak.


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment