Tuesday, January 27, 2015

Nissan Jepang Andalkan 'Kaum Hawa'

Nissan Jepang Andalkan Tokyo - Nissan Motor Company di Jepang kini berkonsentrasi menggarap segmen pasar perempuan. Soalnya, keputusan membeli atau tidak membeli sebuah mobil di keluarga 75 dipengaruhi suara perempuan.

Seperti dilaporkan Bloomberg dan Car Advice, Selasa (27/1/2015), Ekxecutive Vice President Nissan Motor, Takao Katagiri mengaku pihaknya akan mempekerjakan staf perempuan dengan jumlah dua kali lipat dibanding jumlah 2013.

Pada 2013, untuk pertama kalinya Nissan meluncurkan konsep ‘Ladies First’ yakni pelayanan yang mengutamakan kaum perempuan. Konsep itu diterapkan setelah Nissan melihat hasil penelitian yang menunjukkan bahwa keputusan membeli mobil dalam keluarga 75 persen dipengaruhi oleh para perempuan.

Kini, selain akan mempekerjakan staf pemasaran lebih banyak, pabrikan itu juga mematok target membangun diler Nissan untuk kaum perempuan telah mencapai 300 unit pada akhir tahun ini. Sementara pada 2018, jumlah itu ditargetkan telah mencapai 800 unit.

Selain disesain dengan warna yang semarak khas perempuan, diler itu juga dilengkapi ruang menyusui. Ruang bermain bagi anak-anak akan melengkapi diler tersebut.

Lantas bagaimana di jajaran manajemen puncak Nissan? Apakah perempuan juga cukup memegang peran? Nissan menyebut pekerjaan tingkat tinggi yang dipegang kaum Hawa hingga saat ini masih 7 persen. Namun tiga tahun mendatang atau pada 2018 porsi itu ditargetkan telah menjadi 10 persen.


(arf/lth)

0 comments:

Post a Comment