Tuesday, January 27, 2015

Mau Meningkatkan Ekspor? Harus Produksi Sedan di Indonesia

Mau Meningkatkan Ekspor? Harus Produksi Sedan di IndonesiaJakarta - Selama ini ekspor di industri otomotif nasional masih kecil. Kenapa? Karena Indonesia hanya bisa memproduksi dan menjadi basis produksi mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV).

Menurut Ketua I Gaikindo, Jongkie D Sugiarto, cara meningkatkan ekspor, Indonesia harus berani memproduksi sedan, karena permintaan di dunia (secara global) sedan paling banyak dibeli.

"Indonesia ini sekarang jago kandang, Indonesia sekarang hanya menjadi basis produksi MPV. Padahal demand dunia itu di mobil sedan, maka dari itu kita harus bisa merubah Indonesia ini menjadi basis produksi MPV ditambah sedan," kata Jongkie di sela-sela acara Frost & Sullivan di Mawar Room, Mezanine Floor, Hotel Mulia Senayan Jakarta, Jl. Asia Afrika Senayan 1, Jakarta, Selasa (27/1/2015).

Tapi, lanjut Jongkie, para produsen otomotif harus bisa meyakinkan prinsipal untuk mau memindahkan produksi sedannya ke Indonesia. Tapi dengan syarat PPnBM sedan diturunkan dari 30 persen menjadi 10 persen.

"Kalau PPnBM-nya sudah turun pasti prinsipal mau memproduksi sedan di sini (Indonesia)," katanya.


(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment