Tuesday, January 27, 2015

Di India, Motor 125 cc Keatas Bakal Wajib Pakai ABS

Di India, Motor 125 cc Keatas Bakal Wajib Pakai ABSNew Delhi - Pemerintah India akan mewajibkan sepeda motor bermesin 125 cc ke atas menggunakan peranti pengereman ABS atau Antilock Braking System. Aturan itu diberlakukan menyusul tingginya jumlah kecelakaan lalu lintas yang berujung pada kematian.

Seperti dilansir Autoevolution, Rabu (28/1/2015), data yang dihimpun Kementerian Transportasi Indlalu menunjukkan, tak kurang dari 39.353 tewas akibat kecelakaan. Mereka adalah para pengguna sepeda motor.

Selain motor mereka yang tak menggunakan ABS, para pengendara di Negeri Sari itu juga tak melengkapi diri dengan perlengkapan keamanan berkendara. Sebagian besar dari mereka tak menggunakan helm, jaket, sarung tangan, dan pelindung lainnya.

Sebelumnya, hasil penelitian Autocar Profesional dan Asosiasi Riset Otomotif India (ARAI) menunjukkan, sebagian besar motor di India masih menggunakan peranti pengereman tromol. Kini, kalangan industri diminta untuk melengkapi motor buatannya dengan peranti pengereman cakram.

Setelah itu menyusul peranti pengereman ABS. Peranti ini berguna untuk menghindari rem terkunci di saat dilakukan pengereman mendadak, yang selama ini diketahui menjadi salah satu penyebab kecelakaan.

Namun tidak dijelaskan, mulai kapan aturan yang terinspirasi dari Eropa itu diterapkan. Hanya disebut beleid tersebut bisa diberlakukan secara bertahap.




(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment